Kangen masakan kampung tetapi jadwal pulkam masih lama? Tenang, ada banyak masakan Jawa di Jakarta yang siap membuat sembuh rindumu. Rasanya autentik, worth it banget bikin dicobain. Yuk segera aja simak tempat-tempatnya.

1. Selera Meneer

Makanan Jawa di Selera Meneer ini enak-enak banget dan bisa bikin anda nostalgia. Tempatnya yang besar dan sepi terhitung enak lho bikin kumpul-kumpul keluarga. Menu andalan di restoran keluarga ini adalah masakan klasik khas Semarang, Chinese food, dan terhitung menu peranakan.

Rasa galantin di restoran ini pasti bikin anda jatuh cinta. Disajikan di sebuah piring dengan sayuran, potato wedges, potato chips, dan asinan. Kemudian ada siraman saus yang rasanya begitu manis dan gurih, bener-bener bikin nagih! Saat masuk ke mulut, anda seperti merasakan nostalgia dari zaman dulu.

2. Gudeg Kandjeng

Ngomongin masakan Jawa nggak akan lengkap tanpa menyebut gudeg, masakan khas Yogyakarta. Rajanya gudeg di Jakarta di mana lagi terkecuali bukan di Gudeg Kandjeng. Gudeg di sini rasanya autentik banget, manisnya pas, dan tidak benar-benar basah.

Makan gudeg itu paling sesuai sementara disandingkan dengan opor ayam, krecek, telur pindang, dan tempe mendoan. Nah, rasa menu-menu pendamping selanjutnya di restoran ini nggak ada yang mengecewakan. Apalagi terkecuali di sediakan beralaskan daun pisang, aromanya jadi bikin nggak nahan. Sedap abis!

3. Suwe Ora Jamu

Masih ingat nggak, zaman pernah tuh kayaknya ringan banget cari mbok jamu keliling. Sekarang mbok jamu kayak begitu bisa saja telah nggak ada lagi, tetapi anda selalu bisa kok minum jamu yang Jawa banget di Jakarta.

Ada kedai jamu bernama Suwe Ora Jamu yang menjadikan jamu nge-hip lagi. Konsep unik ini bikin banyak orang penasaran dan tertarik datang ke sini. Pilihan jamunya ada banyak, tetapi nggak ada yang bisa ngalahin kedahsyatan jamu kunyit asem di restoran Jawa ini.

Buat ngisi perut, ada banyak camilan yang enak-enak. Tape Goreng-nya istimewa banget. Renyah di luar, tetapi lembut di dalam. Makanan berat seperti Nasi Goreng Kecombrang terhitung nggak kalah juara.

4. Lali Omah

Satu lagi restoran yang sediakan masakan Jawa di Jakarta adalah Lali Omah. Restoran ini privat menyuguhkan menu tengkleng yang rasanya luar biasa. Buktikan sendiri sementara menyantap tengkleng sumsum yang selalu menjadi favorit pengunjung. Kuahnya gurih dan dagingnya pun ringan terlepas dari tulang.

Selain tengkleng, ada terhitung menu tongseng yang nggak kalah sedap. Diolah dengan cara tradisional dan gunakan bumbu-bumbu yang orisinal memicu rasa hidangan ini lebih sempurna. Suasana restoran yang terkesan jadul terhitung memberi tambahan pengalaman kuliner yang nggak biasa.

5. Mlinjo Cafe & Resto

Menikmati masakan Jawa di Jakarta terhitung bukan cuma di restoran yang bernuansa vintage. Mlinjo Cafe & Resto dengan vibes yang nggak kalah asyik dari kafe kekinian ternyata menyajikan menu makanan dengan cita rasa tradisional.

Di restoran ini, anda bisa mencicipi Nasi Megono yang kondang itu. Menu khas Pekalongan ini di sediakan dengan mendoan yang masih hangat. Nasi Megono umumnya ditambah dengan topping nangka yang dicacah dengan perpaduan rasa manis, gurih, dan pedas yang unik. Tambahan sambal kentangnya bikin makanan ini lebih mantap sejak suapan pertama.