Makanan Khas Malang – Malang merupakan kota wisata dengan beragam sajian kuliner yang memanjakan lidah. Jika Anda sedang berlibur ke kota ini, jangan lewatkan makanan khas Malang yang memiliki cita rasa yang nikmat.

Selain cita rasanya yang autentik dan melegenda, kuliner Malang juga terkenal dengan harganya yang terjangkau dan murah sehingga sangat ramah di kantong.

Sejumlah makanan tersebut juga mudah ditemukan di Kota Malang sehingga wisatawan tidak akan kesulitan menemukan beragam kuliner khasnya. Dirangkum dari https://www.theclawatusfgolf.com/ karya Umar Santoso dkk, berikut sembilan makanan khas Malang yang melegenda dan enak!

1. Nasi pecel

Nasi pecel merupakan masakan khas Malang yang sederhana dan biasa disantap sebagai menu sarapan pagi. Nasi pecel merupakan perpaduan nasi yang ditemani sayur rebus, rempeyek, dan sambal kacang.

Salah satu nasi pecel yang terkenal dan melegenda di Malang adalah Pecel Kawi tahun 1975. Jika ingin berkunjung sebaiknya datang lebih awal saat sarapan dan sebelum makan siang.

2. Bakso Malang

Kurang lengkap rasanya kalau ke Malang dan tidak mencoba baksonya. Bakso khas Malang mempunyai cita rasa kuah yang unik, tekstur bakso dan variasi isian yang berbeda dengan bakso daerah lain.

Anda tidak akan kesulitan menemukan kedai bakso di Malang. Salah satu yang terkenal adalah Bakso Presiden yang sudah berdiri sejak tahun 1977.

Makanan ini berisi bakso, mie kuning, siomay goreng, siomai dan tahu yang dilumuri kuah. Anda juga bisa menambahkan saus dan kecap asin sesuai selera.

3. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur dengan ciri khas warnanya yang coklat kehitaman. Kuah rawon yang kental berasal dari bumbu dan keluak.

Menu ini terasa nikmat disantap hangat dengan nasi putih dan pelengkap seperti tauge pendek, kemangi, dan irisan mentimun.

4. Sego goreng mawut

Sego Goreng Mawut atau Nasi Goreng Mawut merupakan makanan khas Malang yang memadukan nasi dan mie dalam sajiannya.

Rasanya sendiri berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, karena sego goreng mawut lebih kaya akan bumbu yang menjadi ciri khas masakan Jawa Timur yaitu rasa asin yang pedas.

5. Soto geprak

Bagi pecinta kuliner malam, soto geprak bisa jadi pilihan. Soto khas Malang ini mempunyai cita rasa yang nikmat dan khas.

Penggunaan nama geprak sendiri berasal dari teknik pengolahan daging dengan cara dipukul atau dalam bahasa jawa disebut geprak.