Bulan: Januari 2024

Resep Membuat Gethuk Lindri Dirumah Tanpa Repot

Bagi pecinta jajanan pasar, pasti nggak asing ulang bersama gethuk lindri kan? Di lebih dari satu daerah, makanan berbahan basic singkong ini biasa dijual bersama gerobak dorong sambil diiringi musik dangdut yang kencang. Meski cara pembuatannya memadai rumit, namun bukan bermakna anda nggak bisa buat sendiri di rumah.

Tanpa cetakan, gethuk lindri bersama cita rasa gurih dan manis bisa dibuat sempurna. Selain sesuai jadi rekan camilan di sore hari bersama segelas teh maupun kopi, gethuk lindri ini bisa jadi gagasan jualan juga, lho. Slot bet 200

Berikut ini kami berikan resep membuat gethuk lindri yang bisa kalian coba dirumah :

Bahan:

– 850 gr singkong (berat bersih sesudah dikukus)

– 150 gram gula pasir atau sesuai selera

– 2 sdm penuh margarin

– 1 sdt garam

– setengah sdt vanili bubuk

– Pewarna makanan sesuai selera

– 1/4 butir kelapa setengah tua, kupas, parut, campur bersama sedikit garam lantas kukus

Cara membuat:

1. Kupas dan cuci bersih singkong lantas Kukus sampai matang dan empuk . Angkat dan tumbuk saat panas sampai halus dan punel (buang seratnya saat ditumbuk).

2. Tambahkan gula pasir, margarin, garam, dan vanili, aduk sampai rata. Bagi adonan menjadi lebih dari satu bagian. Beri pewarna makanan sesuai selera.

3. Masukkan adonan per warna ke didalam gilingan khusus gethuk lindri, putar giliran sampai adonan keluar. Potong bersama ukuran sesuai selera. Lakukan sampai adonan habis.

4. Ambil sekepal besar adonan, gilas tipis membentuk segi panjang setebal tidak cukup lebih 0,3-0,5 cm. Rapikan pinggirannya, lantas membuat irisan-irisan kecil lurus memanjang bersama pisau plastik atau spatula plastik di semua permukaan adonan yang sudah digilas.

5. Potong-potong dan pisahkan selebar 3 jari Sejalan garis irisan. Tumpuk sampai 4 lembar, rapikan namun nggak kudu ditekan.

6. Potong-potong menjadi lebih dari satu anggota sesuai selera. Lakukan sampai tiap tiap warna adonan habis.

7. Sajikan bersama taburan kelapa parut.

 

5 Daftar Makanan Khas Malang yang Enak, Bakso hingga Rawon

Makanan Khas Malang – Malang merupakan kota wisata dengan beragam sajian kuliner yang memanjakan lidah. Jika Anda sedang berlibur ke kota ini, jangan lewatkan makanan khas Malang yang memiliki cita rasa yang nikmat.

Selain cita rasanya yang autentik dan melegenda, kuliner Malang juga terkenal dengan harganya yang terjangkau dan murah sehingga sangat ramah di kantong.

Sejumlah makanan tersebut juga mudah ditemukan di Kota Malang sehingga wisatawan tidak akan kesulitan menemukan beragam kuliner khasnya. Dirangkum dari https://www.theclawatusfgolf.com/ karya Umar Santoso dkk, berikut sembilan makanan khas Malang yang melegenda dan enak!

1. Nasi pecel

Nasi pecel merupakan masakan khas Malang yang sederhana dan biasa disantap sebagai menu sarapan pagi. Nasi pecel merupakan perpaduan nasi yang ditemani sayur rebus, rempeyek, dan sambal kacang.

Salah satu nasi pecel yang terkenal dan melegenda di Malang adalah Pecel Kawi tahun 1975. Jika ingin berkunjung sebaiknya datang lebih awal saat sarapan dan sebelum makan siang.

2. Bakso Malang

Kurang lengkap rasanya kalau ke Malang dan tidak mencoba baksonya. Bakso khas Malang mempunyai cita rasa kuah yang unik, tekstur bakso dan variasi isian yang berbeda dengan bakso daerah lain.

Anda tidak akan kesulitan menemukan kedai bakso di Malang. Salah satu yang terkenal adalah Bakso Presiden yang sudah berdiri sejak tahun 1977.

Makanan ini berisi bakso, mie kuning, siomay goreng, siomai dan tahu yang dilumuri kuah. Anda juga bisa menambahkan saus dan kecap asin sesuai selera.

3. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur dengan ciri khas warnanya yang coklat kehitaman. Kuah rawon yang kental berasal dari bumbu dan keluak.

Menu ini terasa nikmat disantap hangat dengan nasi putih dan pelengkap seperti tauge pendek, kemangi, dan irisan mentimun.

4. Sego goreng mawut

Sego Goreng Mawut atau Nasi Goreng Mawut merupakan makanan khas Malang yang memadukan nasi dan mie dalam sajiannya.

Rasanya sendiri berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, karena sego goreng mawut lebih kaya akan bumbu yang menjadi ciri khas masakan Jawa Timur yaitu rasa asin yang pedas.

5. Soto geprak

Bagi pecinta kuliner malam, soto geprak bisa jadi pilihan. Soto khas Malang ini mempunyai cita rasa yang nikmat dan khas.

Penggunaan nama geprak sendiri berasal dari teknik pengolahan daging dengan cara dipukul atau dalam bahasa jawa disebut geprak.

Rekomendasi Tempat Makan Khas Jawa Di Jakarta

Kangen masakan kampung tetapi jadwal pulkam masih lama? Tenang, ada banyak masakan Jawa di Jakarta yang siap membuat sembuh rindumu. Rasanya autentik, worth it banget bikin dicobain. Yuk segera aja simak tempat-tempatnya.

1. Selera Meneer

Makanan Jawa di Selera Meneer ini enak-enak banget dan bisa bikin anda nostalgia. Tempatnya yang besar dan sepi terhitung enak lho bikin kumpul-kumpul keluarga. Menu andalan di restoran keluarga ini adalah masakan klasik khas Semarang, Chinese food, dan terhitung menu peranakan.

Rasa galantin di restoran ini pasti bikin anda jatuh cinta. Disajikan di sebuah piring dengan sayuran, potato wedges, potato chips, dan asinan. Kemudian ada siraman saus yang rasanya begitu manis dan gurih, bener-bener bikin nagih! Saat masuk ke mulut, anda seperti merasakan nostalgia dari zaman dulu.

2. Gudeg Kandjeng

Ngomongin masakan Jawa nggak akan lengkap tanpa menyebut gudeg, masakan khas Yogyakarta. Rajanya gudeg di Jakarta di mana lagi terkecuali bukan di Gudeg Kandjeng. Gudeg di sini rasanya autentik banget, manisnya pas, dan tidak benar-benar basah.

Makan gudeg itu paling sesuai sementara disandingkan dengan opor ayam, krecek, telur pindang, dan tempe mendoan. Nah, rasa menu-menu pendamping selanjutnya di restoran ini nggak ada yang mengecewakan. Apalagi terkecuali di sediakan beralaskan daun pisang, aromanya jadi bikin nggak nahan. Sedap abis!

3. Suwe Ora Jamu

Masih ingat nggak, zaman pernah tuh kayaknya ringan banget cari mbok jamu keliling. Sekarang mbok jamu kayak begitu bisa saja telah nggak ada lagi, tetapi anda selalu bisa kok minum jamu yang Jawa banget di Jakarta.

Ada kedai jamu bernama Suwe Ora Jamu yang menjadikan jamu nge-hip lagi. Konsep unik ini bikin banyak orang penasaran dan tertarik datang ke sini. Pilihan jamunya ada banyak, tetapi nggak ada yang bisa ngalahin kedahsyatan jamu kunyit asem di restoran Jawa ini.

Buat ngisi perut, ada banyak camilan yang enak-enak. Tape Goreng-nya istimewa banget. Renyah di luar, tetapi lembut di dalam. Makanan berat seperti Nasi Goreng Kecombrang terhitung nggak kalah juara.

4. Lali Omah

Satu lagi restoran yang sediakan masakan Jawa di Jakarta adalah Lali Omah. Restoran ini privat menyuguhkan menu tengkleng yang rasanya luar biasa. Buktikan sendiri sementara menyantap tengkleng sumsum yang selalu menjadi favorit pengunjung. Kuahnya gurih dan dagingnya pun ringan terlepas dari tulang.

Selain tengkleng, ada terhitung menu tongseng yang nggak kalah sedap. Diolah dengan cara tradisional dan gunakan bumbu-bumbu yang orisinal memicu rasa hidangan ini lebih sempurna. Suasana restoran yang terkesan jadul terhitung memberi tambahan pengalaman kuliner yang nggak biasa.

5. Mlinjo Cafe & Resto

Menikmati masakan Jawa di Jakarta terhitung bukan cuma di restoran yang bernuansa vintage. Mlinjo Cafe & Resto dengan vibes yang nggak kalah asyik dari kafe kekinian ternyata menyajikan menu makanan dengan cita rasa tradisional.

Di restoran ini, anda bisa mencicipi Nasi Megono yang kondang itu. Menu khas Pekalongan ini di sediakan dengan mendoan yang masih hangat. Nasi Megono umumnya ditambah dengan topping nangka yang dicacah dengan perpaduan rasa manis, gurih, dan pedas yang unik. Tambahan sambal kentangnya bikin makanan ini lebih mantap sejak suapan pertama.

Makanan Tradisional Khas Aceh Yang Paling Dicari Pelancong

Terletak di bagian barat Indonesia, Aceh punya sejumlah hidangan yang dibikin memakai perpaduan rempah dan metode memasak yang bervariasi agar menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat. Mengutip buku Masakan Aceh, ciri khas makanan Aceh sering memakai belimbing sayur untuk olahan ikan laut untuk berikan rasa segar dan kurangi aroma amis ikan. Selain itu, campuran rempah seperti cengkeh, lawang, kapulaga, pala, kayu manis dan akar manis terhitung sering digunakan untuk menambah kelezatan.

Berikut ini adalah makanan khas Aceh beserta penjelasannya.

1. Mie Aceh

Mie Aceh terbuat dari mie berbahan basic tepung terigu berwarna kuning. Hidangan ini dilengkapi dengan kubis, tauge, udang, daging kambing, dan tomat. Mie Aceh terasa lezat gara-gara memakai perpaduan rempah kapulaga, jintan, kunyit, cabai merah, dan lada dan juga bawang putih, bawang merah, cuka, kecap manis, daun bawang, daun seledri dan garam. Sebagai pelengkap, mie Aceh di sediakan dengan acar mentimun dan emping.

2. Sie Reuboh

Sie reuboh merupakan makanan khas Aceh yang terbuat dari daging sapi dan lemaknya. Sekilas, hidangan ini menyerupai rendang basah. Sie reuboh dimasak memakai bumbu yang terdiri dari cuka aren, bawang putih, garam, kunyit, cabai merah, cabai bubuk, dan lengkuas. Perpaduan bumbu tersebut menghasilkan cita rasa gurih dan pedas dengan sedikit asam. Biasanya, sie reuboh disantap dengan sayur bening dan kerupuk. Hidangan ini sering di sediakan sementara Ramadan dan hari raya.

3. Keumamah

Keumamah terbuat dari ikan tuna yang dimasak menyerupai abon dan punya rasa gurih. Makanan khas Aceh ini dibikin memakai ikan yang direbus, dijemur, dan disuwir selanjutnya diaduk dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai rawit, jahe, ketumbar, merica, gram, dan asam sunti. Kemudian semua bahan ditumis hingga kering. Setelah kadar airnya berkurang, keumamah mampu bertahan lebih kurang satu bulan tanpa bahan pengawet.

4. Baku Pinget

Baku pinget merupakan makanan khas Suku Alas di Aceh. Hidangan ini berbahan basic ikan lele dan pakis pakuk yang dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, serai, lengkuas, kemiri dan santan. Agar jadi lezat, belimbing wuluh, kecombrang, dan daun jeruk purut ditambahkan. Kombinasi bumbu dan ikan menghasilkan cita rasa gurih dan segar.

5. Ie Bu Peudah

le bu peudah yang merupakan makanan khas Aceh di dalam bahasa Indonesia disebut bubur pedas. Hidangan ini di sediakan pada bulan puasa sebagai makanan pembuka. Ie bu peudah terdiri dari daun kayu sebanyak 44 macam. Biasanya, daun-daun diambil alih dari pegunungan. Namun, sementara bulan Ramadan, banyak yang menjualnya di pasar tradisional. Dedaunan dicampur dengan beras dan dimasak dengan air hingga menjadi bubur. Dalam penyajiannya, ie bu peudah di sediakan di dalam wadah atau piring.

6. Manuk Labakh

Manuk labakh merupakan makanan khas Aceh dari Suku Alas. Hidangan ini berbahan basic ayam kampung dan tiga macam kelapa, yakni kelapa usia sedang untuk diambil alih santannya, kelapa agak tua untuk disangrai, dan kelapa muda untuk taburan. Ayam dikukus sesudah itu dicampur dengan kelapa dan juga bumbu lada hitam, lada putih, jintan, serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan garam. Gurihnya kelapa berpadu dengan rasa tajam dari rempah-rempah jadi menambah kenikmatan.

7. Kuah Pliek

Kuah pliek merupakan makanan khas Aceh dengan cita rasa gurih gara-gara kaya dapat rempah. Bahan-bahan untuk membawa dampak kuah pliek terdiri dari terong hijau, daun melinjo, nangka muda, kacang panjang, buah melinjo, dan kelapa parut.

Bumbu pribadi di dalam hidangan ini adalah pliek u, yakni kelapa yang sudah dibusukkan. Artinya, daging kelapa parut sengaja dibiarkan di dalam kurun sementara tertentu agar minyaknya keluar, sama dengan fermentasi tapai. Setelah selesai, daging kelapa diperas dengan alat peunerah agar minyak terlihat sepenuhnya. Rasa kuah pliek didominasi tekstur parutan kelapa. Aromanya terhitung khas gara-gara bumbu pliek u. Makanan khas Aceh ini cocok di sediakan sementara hangat.

8. Jruek Drien

Di Provinsi Aceh bagian barat, terkandung makanan khas yang dinamakan jruek drien atau asam durian. Hidangan ini dibikin dari sistem fermentasi durian. Durian yang digunakan kebanyakan terasa asam. Untuk membawa dampak jruek drien, daging durian dipisahkan dari biji dan ditampung di dalam toples sepanjang seminggu. Semakin asam dan pekat, maka kualitasnya jadi bagus. Sayuran terhitung mampu ditambahkan di dalam nikmati jruek drien. Misalnya, daun singkong, terong, kacang panjang, daun tapak liman, dan daun jeruk purut. Sayuran dimasukkan ke di dalam wajan selanjutnya tambahkan jruek drien. Agar jadi nikmat, udang, air, garam, dan rempah-rempah ditambahkan sebagai penyedap rasa. Setelah matang, jruek drien siap disajikan. Rasa asam yang dominan punya kekuatan tarik tersendiri bagi penggemar kuliner. Sayuran dan udang yang tersedia di dalamnya terhitung menambah kelezatan.

Makanan Tradisional Khas Medan Yang Wajib Kalian Coba

Medan merupakan keliru satu ibu kota provinsi Sumatera Utara yang jadi pusat berasal dari berbagai suku bangsa. Kota Medan tawarkan berbagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan, juga kulinernya.

Ketika Berwisata ke Medan belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner Medan. Keragaman suku bangsa yang tersedia di kota Medan menambahkan kontribusi pada keragaman budaya, keliru satunya keragaman kulinernya yang unik dan menarik.

Beragam kuliner khas Medan mampu Anda coba untuk melengkapi pengalaman berwisata anda. Mulai berasal dari makanan pedas sampai manis, sepenuhnya mampu Anda temukan bersama dengan mudah di kawasan Medan ini. Tidak perlu saat lama lagi.

1. MIE GOMAK

Salah satu masakan khas Medan yang harus anda coba adalah mie gomak. Makanan yang satu ini merupakan sajian khas tanah Batak Toba diantaranya Sibolga dan Tapanuli. Mi gomak adalah masakan mie goreng atau berkuah, sama layaknya di tempat lain. Namun, mie model tertentu tersedia di Medan. Bentuknya besar dan disediakan bersama dengan saus kacang atau saus longong yang banyak. Ada tiga model mie gomak, yakni mie gomak goreng, mie gomak saus, dan mie gomak saus kacang.

2. LONTONG MEDAN

Mungkin sajian khas Medan ini tidak tersedia bedanya bersama dengan lontong sayur pada umumnya. Masakan ini umumnya jadi keliru satu menu sarapan Medan.

Hidangan ini terdiri berasal dari lontong dan sayur dan dikombinasikan bersama dengan santan berwarna kuning kemerahan. Lontong Medan umumnya terdiri berasal dari bumbu kacang, tau, bakmi, bumbu kacang, sambal, sayuran, dan umumnya ditambahkan telur atau perkedel.

Lontong khas Medan punya rasa yang nikmat dan jadi sajian yang sempurna.

3. SOTO MEDAN

Soto Medan dijual hampir di semua tempat kota medan. Soto Medan punya ciri khas kuah santan berwarna kuning pucat agak kehijauan bersama dengan sedikit bumbu dan jinten.

Dalam satu sajian soto kami mendapatkan bihun, buncis, potongan ayam atau sapi cincang, telur rebus, tomat, bawang goreng, daun bawang, daun seledri dan kerupuk merah sebagai lauknya.

Tidak lengkap rasanya jikalau anda berlibur kemedan tanpa menyantap keliru satu hidangan khas kota medan ini.

4. LEMANG

Sajian khas Medan yang tak kalah melegenda adalah lemang. Menu khas Tebing Tinggi ini paling banyak dicari oleh para wisatawan.

Lemang terlalu enak jikalau dimakan hangat-hangat. Lemang terbuat berasal dari beras ketan yang dimasak didalam potongan bambu sesudah khususnya dahulu dibungkus bersama dengan daun pisang. Tepung beras dicampur bersama dengan santan, dicampur bersama dengan bambu kemudian dibakar di atas kompor.

5. BIKA AMBON

Banyak yang percaya bahwa Bika Ambon berasal berasal dari Ambon sebab namanya. Bika Ambon merupakan keliru satu oleh-oleh yang paling tenar dan selalu diminati oleh wisatawan yang datang ke Medan.

Kata Ambon untuk Bika Ambon ini berasal berasal dari nama jalur di mana kue ini pertama kali terlihat yakni Jl. Ambon-Sei Kera Medan Namun siapa sangka makanan lezat ini berasal berasal dari kota Medan.

Ciri khas berasal dari oleh-oleh Medan murah ini adalah warnanya yang kuning kotak-kotak bersama dengan lubang dan serat. Bahannya adalah tepung tapioka, sari buah, telur dan gula serta beberapa bumbu lainnya untuk menaikkan cita rasa.

6. BIHUN BEBEK MEDAN

Bihun bebek adalah nama makanan paling tenar di kota Medan. Rasa kuah sohun bebeknya kuat dan berbumbu khas banget.

Tambahan daging bebek di atasnya juga cukup menggugah selera. Bukan hanya sebab empuk, tapi juga ukurannya yang cukup besar.

Makanan kuliner ini merupakan keliru satu makanan incaran wisatawan. Bihun bebek medan terdiri berasal dari bihun bersama dengan topping bebek rebus, bawang putih cincang goreng, seledri dan daun selada.

Kaldunya sendiri berasal berasal dari kaldu yang digunakan untuk memasak bebek. Baunya begitu khas sebab daging bebek yang dimasak secara perlahan.

7. DAUN UBI TUMBUK

Seperti namanya, masakan yang terbuat berasal dari daun singkong atau ubi ini diolah bersama dengan cara dihaluskan gunakan alu atau lesung. daun ubi tumbuk merupakan model makanan sayuran khas Batak.

Yang paling menariknya adalah daun singkong harus tumbuk gunakan lesung dan bukan diblender. Selain itu, buah rimbang dan batang kecombrang mampu dicampurkan ke didalam masakan ini.

Rasa gurih pada sayur ubi tumbuk ini bakal didapatkan berasal dari santan. Ubi tumbuk ini terlalu nikmat bila disantap bersama dengan nasi panas.

8. KARI BIHUN

Makanan paling tenar di kalangan wisatawan sesudah itu adalah kari bihun. Isian kari bihun ini terdiri berasal dari berbagai rempah yang digunakan layaknya jinten, kayu manis, ketumbar dan rempah-rempah lainnya yang mampu memicu aroma khas kari ini tercium.

Rasa bumbunya bakal meresap sampai ke bihun dan daging sapinya menjadi sempurna, supaya makanan ini jadi menjadi nikmat ketika dimakan.

9. MIE BALAP

Mie balap adalah keliru satu kuliner Medan yang sering disantap untuk sarapan pagi. Makanan ini disebut mie balap sebab cara memasaknya yang terlalu cepat.

Mie ini siap hanya didalam saat lima menit saja. Campurannya terdiri berasal dari kwetiau, atau bihun, dimasak bersama dengan telur dan seafood. Uniknya, mi balap ini disediakan di atas daun pisang.

10. RUJAK KOLAM

Rujak kolam jadi keliru satu kuliner medan yang harus anda cicipi. Rujak kolam ini mampu Anda temukan di kawasan kolam Deli Medan.

11. MARTABAK PIRING MURNI

Martabak piring adalah makanan khas berasal dari kota medan. Bahan bakunya terbuat berasal dari tepung terigu. Terlebih lagi cara pembuatannya yang unik tidak sama bersama dengan martabak yang biasa dijual di kota lain.

Martabak yang tebalnya terlalu lembut dan kenyal dilengkapi varian topping yakni cokelat, keju, kacang, cokelat kacang, cokelat keju, dan campur.

12. NASI KENTUT

Makanan lain yang harus dicoba saat datang ke Medan adalah nasi kentut. kentut adalah sejenis nama daun yakni tanaman yang daunnya digunakan untuk membungkus nasi ini. Aroma daun ini terlalu khas dan menarik saat dibakar. Topping yang digunakan banyak ragam menjadi berasal dari ikan lada, ayam goreng, teri, sambal kentang goreng, sayuran, sambal ijo dan sambal terasi.

13. LAKSA MEDAN

Laksa Medan adalah hidangan yang terbuat berasal dari bihun putih, timun, ikan, daun mint, dan saus asam jawa. Laksa Medan berbahan basic saus ikan yang sedikit asam. Rasa yang ditawarkan juga asam dan segar. Cocok untuk sore hari sebab sajian ini tidak terlalu berat untuk dikonsumsi.